Manfaat Daun Salam

286626_620

Untuk para ibu – ibu rumah tangga yang suka masak pasti akrab dengan daun salam. Benar, daun salam merupakan salah satu rempah – rempah yang biasa dipakai juga sebagai penyedap masakan. Di kenal dengan nama latin Syzgium polyanthum, daun salam selain digunakan sebagai bumbu atau rempah – rempah masakan di Indonesia, nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pasti Anda tahu daun salam hanya sebagai penyedap masakan bukan? Nah, sekarang perlu Anda kenali bahwa daun salam dapat juga digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti asam urat, diare, kencing manis, maag, tekanan darah tinggi serta kolesterol. Hal semacam ini disebabkan oleh kandungan didalam daun salam tersebut.
Khasiat Air Rebusan Daun Salam
Daun salam mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B yang kompleks serta vitamin C yang cukup tinggi dan terdapat pula kalsium, zat besi, minyak atsiri, eugenol, sitral, flavonoida serta tannin. Nah, di bawah ini ada beberapa penyakit serta cara mengatasinya dengan menggunakan air rebusan daun salam, cekidot!
Menyembuhkan Diare dan Gangguan Pencernaan
Daun salam dipercaya bisa menyembuhkan diare serta gangguan dalam sistem pencernaan. Adanya enzim didalam daun salam yang menolong melakukan perbaikan rusaknya pada sistem pencernaan. Jika Anda mengalami hal tersebut, saya sarankan untuk konsumsi air rebusan daun salam atau teh dari daun salam. Cara membuat ramuan tersebut cukup mudah, pertama – tama siapkan 15 gr daun salam, lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus dengan satu gelas air selam lebih kurang 15 atau hingga mendidih. Janganlah lupa tambahkan sedikit garam serta saring air rebusan daun salam tersebut . Minum dalam keadaan masih tetap hangat atau bisa juga dalam keadaan dingin.
Mengobati Maag
Penyakit maag merupakan penyakit yang sering menempa orang yang susah serta tak teratur makan. Maag dikarenakan oleh lambung yang mengalami peradangan atau luka hingga menyebabkan rasa sakit pada perut. Salah satu menangani penyakit ini adalah menggunakan daun salam sejumlah 16 – 20 lembar atau secukupnya yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan ½ liter air serta gula merah seperlunya hingga mendidih. Saring dan minum air rebusan tadi dalam situasi dingin dengan cara rutin hingga maag yang Anda derita reda.
Mengatasi Asam Urat
Untuk Anda yang menderita penyakit asam urat, mengkonsumsi air rebusan daun salam bisa menangani penyakit asam urat Anda serta cara membuat ramuannya cukup mudah. Caranya, bersihkan bersih daun salam 10 lembar, lalu rebus dengan 3 ½ gelas air hingga diperoleh satu gelas saja. Saring serta minum air ramuan tersebut selagi masih tetap hangat.
Membantu Program Diet
Mempunyai badan yang langsing serta proporsional merupakan dambaan setiap kaum wanita. Telah banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkannya, sampai – sampai melakukan diet yang ketat. Tetapi, sudahkah Anda coba memasukan daun salam ke daftar menu diet Anda? Ya, daun salam bisa menolong program diet yang sedang Anda lakukan, lantaran di dalamnya terdapat kandungan enzim serta kaya serat hingga membuat Anda terus kenyang setiap saat. Cara membuatnya cukup mudah, pertama – tama siapkan daun salam sejumlah 30 lembar, lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus daun salam dengan 4 gelas air hingga didapat 2 gelas saja. Saring serta minum dalam situasi dingin 2 gelas setiap hari sebelum tidur.
Mengatasi Batuk
Batuk merupakan penyakit yang dapat dikatakan bisa menyiksa si penderita. Hal semacam ini dikarenakan adanya rasa sakit di tenggorokan yang susah sekali hilang, terlebih batuk berdahak yang sulit sekali untuk keluar serta betuk kering yang bisa menyebabkan si penderita muntah – muntah. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi itu semua adalah dengan menggunakan daun salam. Caranya, siapkan bahan – bahan yang terdiri dari 7 lembar daun salam yang kering, 3 sendok makan madu serta 1 buah jeruk nipis atau dapat pula menggunakan jeruk lemon. Kemudian, rebus daun salam yang telah dicuci terlebih dahulu dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring serta imbuhkan madu serta perasan jeruk nipis tadi, lalu minum dalam keadaan dingin sampai batuk Anda reda. Semoga batuk yang Anda derita selekasnya sembuh.
Mengobati Hipertensi
Daun salam yang tinggi akan kandungan zat tannin serta flavonoida bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang Anda derita. Cara mengolah ramuannya cukup mudah dengan merebus daun salam sejumlah 10 lembar yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring serta minum air rebusan tersebut dengan cara rutin setiap harinya.
Nah, sangat banyak kan manfaat dari air rebusan daun salam untuk tubuh kita. Tumbuhan yang sering kita kenal serta digunakan sebagai bumbu masakan satu hari – hari, nyatanya berguna juga untuk kesehatan. Mudah-mudahan artikel mengenai manfaat air rebusan daun salam ini bermanfaat!

Tidak ada komentar: