Meningkatkan Nafsu Makan Saat Sakit

Meningkatkan Nafsu Makan Saat Sakit" title="Meningkatkan Nafsu Makan Saat Sakit" border="0" />Saat kita jatuh sakit, biasanya kita malas untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk untuk soal makan. Kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk beristirahat dan memilih untuk tiduran di kamar.
Jika sakit, mulut kita terasa pahit, makanan apapun yang dimakan rasanya menjadi pahit. Namun ada tuntutan agar perut kita terisi makan sebelum minum obat, tapi kita tak nafsu makan, jadi bagaimana sebaiknya?
Perlu ketahui bahwa, makanan sangat berpengaruh besar pada proses penyembuhan. Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan teratur dengan gizi yang cukup akan cepat sembuh dibanding orang yang tidak makan.


Jadi yang Anda butuhkan adalah bagaimana agar mengkondisikan memiliki nafsu makan di saat sedang sakit. Tips berikut ini mungkin berguna agar kita tetp memiliki nafsu makan ketika sakit:
1. Hindari Makanan yang di Goreng dan Santan
Makanan yang di goreng dan santan akan menimbulkan sensasi mual dan muntah. Begitu juga untuk makan yang banyak bumbu. Jadi hindari jenis makanan ini dan pilih makanan yang direbus dan sedikit santan.
2. Sajikan Makanan dengan tampilan menarik.
Penyajian yang menarik ini akan meningkatkan nafsu makan, tidak percaya? boleh dicoba kok.
3. Porsi Kecil tapi sering.
Kunci mujarab! pastikan kamu makan dengan porsi yang sedikit dan tidak mengenyangkan, tetapi kamu harus makan dengan frekuensi yang sering.
4. Ciptakan Suasana Menyenangkan.
Ciptakan suasana menyenangkan saat makan, kamu bisa makan sambil nonton televisi atau aktivitas lain yang menyenangkan untuk kamu.
5. Makan Makanan dengan kandungan energi tinggi.
Saat sakit, tentu terjadi penurunan energi. Untuk mencukupi energi ini, setidaknya kamu harus mencukupi dengan makanan yang berenergi tinggi yang bisa memberikan protein tinggi seperti sup telur, soto daging cacah atau makanan yang lain.
Sumber : kesehatan.liputan6.com

Tidak ada komentar: