Beberapa Fakta Ajaib Tentang Tubuh

Ada begitu banyak keajaiban yang tersimpan dalam tubuh manusia. Mulai dari gerak reflek kelopak mata yang berkedip secara berkala untuk melindungi mata, hingga pada kenyataan kuku pada jari manusia yang tetap tumbuh meski sudah dipotong berulang kali.
Hmm, jika mau bicara tentang tubuh, ilmu pengetahuan seolah tak pernah berhenti untuk bereksplorasi dan hasilnya selalu saja ada penemuan baru yang mampu membuat kita terkagum-kagum. Beberapa fakta di bawah ini misalnya, pasti bisa membuat Anda tercengang juga. Mari kita intip bersama.
Tubuh mampu memproduksi aspirin sendiri
Makan buah dan sayur bisa membantu tubuh untuk menghasilkan obat penahan sakit sendiri. Penemuan Journal of Agriculture and Food Chemistry mengindikasikan bahwa partisipan yang mendapat asupan benzoic acid, salah satu zat alami yang terkandung dalam buah dan sayur, mampu memproduksi asam salisil sendiri. Asam salisil sendiri merupakan komponen penting penyusun aspirin yang berguna untuk mencegah peradangan dan mampu melepaskan rasa sakit.


Tidur siang saat kerja sebenarnya menguntungkan bagi para bos
20 menit tidur siang bisa meningkatkan kondisi waspada seseorang, meningkatkan mood, dan pasti produktivitas jadi membaik. William Anthony, salah satu penulis buku THE ART OF NAPPING AT WORK mengatakan bahwa tidur siang berdampak siaga hingga beberapa jam setelah bangun.
Selain itu, jantung juga ikut mendapatkan keuntungan saat tidur siang. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun terhadap partisipan dewasa Yunani menemukan bahwa pria yang tidur siang setidaknya 3 kali seminggu memiliki risiko 37% serangan jantung yang lebih rendah.
Ejakulasi bisa menyebabkan suami bersin
Beberapa pria mengalami kesakitan, pusing, atau bersin saat mereka mengalami ejakulasi. Meningkatnya aktivitas saraf selama orgasme itulah yang diduga menjadi penyebab timbulnya sakit kepala. Sedangkan penyebab bersin sendiri adalah karena otak sebagai pusat orgasme merangsang tubuh untuk bereaksi menguap dan bersin.
Setiap lidah manusia memiliki ‘cetakan’ yang berbeda
Sama seperti sidik jari, lidah manusia itu unik adanya. Bisa dijulurkan keluar, melindungi mulut dari tertelan benda tertentu, dan tak bisa ditiru cetakan struktur permukaannya. Tekstur geometris yang ada di permukaan lidah berbeda pada setiap orang sehingga bisa juga dipakai untuk mengidentifikasi seseorang.
Kaki merupakan ‘pelabuhan’ organ-organ penting
Kulit di telapak tangan dan kaki memiliki ketebalan lebih kurang 4 mm dan kulit kaki merupakan kulit yang paling tebal dari seluruh kulit di tubuh manusia. Selain itu, ada banyak kelenjar dari berbagai organ penting yang berlabuh di kaki. Pantas saja ahli refleksi bisa tahu jenis penyakit yang diidap dari pijatan pada bagian kaki.
Usus buntu ternyata berguna juga
Diklaim sebagai organ yang tak memiliki fungsi apapun, sebenarnya usus buntu juga diciptakan untuk tujuan tertentu. Apa itu? ‘Hunian aman’ bagi bakteri menguntungkan yang dibutuhkan usus untuk membantu proses pencernaan. Saat seseorang menderita diare, isi perutnya biasanya terkuras keluar. Usus buntu inilah yang kemudian menjadi tempat bernaung bagi bakteri menguntungkan agar tidak ikut keluar dari tubuh.
Tubuh manusia lebih tinggi saat pagi hari
Pada pagi hari tubuh manusia rata-rata lebih tinggi setengah inci daripada malam. Hal ini berkat kelebihan cairan dalam tubuh yang ada di antara tulang belakang, yang biasanya ‘terisi’ selagi kita tidur. Begitu hari lewat, saat tubuh beraktivitas, cairan di area tulang belakang ini pun merembes keluar sehingga tubuh jadi menyusut dan lebih pendek.
Tubuh manusia bersinar di dalam gelap
Kondisi ini terungkap jika menggunakan kamera ultra sensitif. Tubuh ternyata mampu memancarkan sejumlah sinar kecil yang (sayangnya) terlalu lemah untuk dideteksi dengan mata biasa.
Perut memproduksi lapisan baru tiap 3 hari sekali
Mengapa? Untuk mencegah asam lambung memakan perut itu sendiri, bila seseorang sedang berpuasa atau tidak makan apapun.
Indera mempengaruhi ingatan
Suami susah mengingat hari ulang tahun pernikahan? Coba minta ia untuk berlutut seperti yang pernah dilakukannya dulu. Ingatan bisa muncul lebih kuat jika dibarengi dengan visualisasi indera yang nyata. Parfum ibu saat Anda masih kecil dulu misalnya, yang tercium lagi aromanya pada masa kini bisa menggugah kembali kenangan masa lalu bersama ibu, meskipun jika beliau telah meninggal saat Anda belum bisa berjalan sekalipun.
Jumlah rambut pirang lebih banyak
Warna rambut menentukan seberapa tebal rambut yang dimiliki seseorang. Rata-rata manusia memiliki 100 ribu kantung rambut, yang masing-masing kantungnya mampu memproduksi 20 helai rambut pada sepanjang hidup seseorang.
Rambut pirang rata-rata mempunyai 146 ribu kantung rambut, sedangkan yang rambut hitam memiliki 110 ribu saja. Rambut cokelat memiliki 100 kantung rambut, dan untuk rambut merah hanya punya 86 ribu kantung rambut.
Rata-rata manusia buang gas 14 kali dalam sehari
Bahkan jika Anda berpikir adalah kurang pantas untuk buang gas, namun fakta menunjukkan bahwa hampir semua orang buang gas sedikitnya 14 kali dalam sehari. Pencernaan menyebabkan tubuh melepaskan gas yang bisa sangat berbahaya (dan beracun) bila tetap ditahan dalam perut. Jadi, kentut itu sehat ya.
Orgasme mencegah pasangan terkena kanker prostat
Dua buah studi (2003-2004) melaporkan bahwa pria paruh baya yang mengalami orgasme setidaknya 4 kali seminggu selama mereka berusia 20,30, dan 40 tahun memiliki kemungkinan lebih rendah mengidap kanker prostat. Beberapa peneliti berspekulasi bahwa ejakulasi bisa membersihkan prostat dari karsinogen. Jadi, ayo selamatkan suami dengan memberikan pelayanan yang memuaskan baginya.
Manusia bisa makan dengan posisi tubuh terjungkir ke bawah
Saluran pencernaan dari mulut ke lambung terbagi menjadi beberapa ‘sektor’. Tiap sektor merupakan otot yang bisa melakukan gerakan peristaltik untuk membawa makanan ke sektor berikutnya yaitu lambung.
Rata-rata orang buang air…banyak sekali
Tampaknya manusia bisa membuang urin sebanyak 16 ton setiap tahunnya. Jumlah cairan yang cukup untuk mengisi bak kolam renang keluarga di taman belakang rumah.
Butuh keterampilan khusus bagi keringat untuk menciptakan bau badan
Dan, hal itu jelas tidak ada hubungannya dengan mandi-tidaknya seseorang. Keringat tiap bagian tubuh diciptakan dengan aroma yang berbeda-beda. Keringat yang ditemukan paling bau ada pada area berambut, yakni rambut di kepala, ketiak, dan alat genital.
Manusia bisa bertahan cukup lama tanpa tidur
Rekor dunia ‘bertahan tetap terjaga’ berhasil dipecahkan oleh Randy Gardner tahun 1964, yang mampu bertahan 264 jam 12 menit (lebih kurang 11 hari) tanpa tidur sama sekali. Waktu itu ia masih berusia 17 tahun. Randy tidak memakai bantuan atau obat apapun untuk membantu dia tetap bangun dan dia juga berada dalam kondisi tetap sehat saat menyelesaikan rekornya, meski selama masa itu, dia sempat mengalami berbagai gangguan seperti berhalusinasi, amnesia jangka pendek, dan sakit kepala.
Adalah mungkin tertawa sampai mati
Coba perhatikan almarhum Alex Mitchell yang menghabiskan momen terakhirnya dengan tawa tak terkendali akibat sebuah episode tayangan TV THE GOODIES pada era 1970an di Inggris. (diambil dari laporan Snopes.com). Mitchell tertawa selama 25 menit tanpa henti sebelum akhirnya dia jatuh dari kursinya dan meninggal karena gagal jantung di hadapan istrinya sendiri. Tawa yang berubah menjadi duka.
Berat badan manusia pada dasarnya sulit turun
Sebuah fakta lagi membuktikan bahwa diri kita sendirilah yang memang menjadi musuh terbesar. Penelitian yang diadakan oleh Queensland University of Technology di New Zealand beberapa tahun lalu menemukan bahwa tubuh kita ‘diprogram’ untuk melindungi diri dari penurunan berat badan.
Ternyata ada begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam tubuh manusia, maka dari itu sudah selayaknya bagi kita untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jauhi rokok, minuman keras, dan obat-obatan terlarang. (Still) Say no to drug!
Sumber : Kapanlagi.com

Tidak ada komentar: